Jadikan ponsel sebagai modem PC

Sekarang ini tarif internet via gprs ataupun 3G di Indonesia sudah semakin murah saja, ditambah dengan adanya perang tarif antar operataor selular. Ini memberikan keuntungan kepada kita sebagai end user. Lalu bagaimana agar ponsel 3G atau gprs kita bisa dijadikan modem untuk akses internet di komputer? Memang kalau kita punya software bawaan ponsel hal itu tidaklah sulit, tapi sebagian ponsel tidak disertakan software pc suitenya. Untuk itu saya akan memberikan tips cara seting ponsel untuk dijadikan modem tanpa memerlukan software pc suite yang penting anda punya alat untuk koneksi ponsel ke komputer bisa bluetooth, infra red ataupun kabel data. Untuk kabel data anda harus mempunyai driver untuk kabel usbnya. Berikut cara setingnya:

1. Hubungkan ponsel dengan komputer, bisa dengan kabel data, bluetooth, atau irda.
2. Setelah ponsel terhubung, cek modemnya apakah sudah terdeteksi atau belum. Caranya klik kanan My Computer lalu pilih Properties - Device manager. Periksa apakah ada list modem atau tidak, jika anda menggunakan bluetooth biasanya modem akan terdeteksi sebagai Bluetooth DUN modem. kalau tidak ada berarti ponsel belum terkoneksi dengan baik atau masih membutuhkan drivernya.

3. Setelah modem terdeteksi, lalu klik kanan pada modemnya dan pilih properties. Pilih tab Advance, lalu isikan parameter berikut pada kotak extra initialized command : at+cgdcont=1,"IP","APN operator". Ganti APN operator sesuai operator yang anda pakai misal ganti APN operator dengan "indosat" jika anda menggunakan operator indosat.
4. Buatlah koneksi dialup, buka Control Panel pilih Network connections lalu klik icon New Connection Wizard. Pilih Next - Connect to the Internet - Setup my connection manualy - Connect using a dialup modem.
5. Isi ISP Name terserah anda, Phone number *99#, username dan password sesuai dengan seting gprs operator yang digunakan. Centang pilihan Create shortcut to desktop dan klik Finish.
6. Shortcut dialup yang anda buat sekarang sudah muncul di desktop. Double klik untuk melakukan koneksi internet, jika ada pesan connected di taskbar berarti anda sudah berhasil membuat koneksi.
7. Buka browser kesayangan anda dan selamat berselancar di dunia maya.

Jika anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar tapi belum bisa terkoneksi, ada kemungkinan SIM Card yang anda gunakan membutuhkan aktivasi untuk penggunaan gprs. Hubungi operator anda jika ada kesulitan melakukan aktivasi.
(Original posted by Eris Agustian)

Artikel terkait:



1 Komentar:

Anonymous said...

Hello! Quick question that's totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My web site looks weird when browsing from my apple iphone. I'm trying
to find a theme or plugin that might be able to
fix this issue. If you have any suggestions, please share.
Many thanks!
My blog ... Buy Sildenafil Citrate Over Counter

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda, setiap komentar yang anda tulis akan menambah jumlah backlink anda.
Sebaiknya gunakan Name/URL pada saat menuliskan komentar.

Template Design by Eris Agustian - Digital Life | Professional Blogger Template