Waspadai penggunaan Facebook anda

Demam Facebook telah melanda dunia, tak luput pula di negara Indonesia. Banyak pengguna internet saat ini mengunakan aplikasi online ini untuk bertukar informasi, menyapa, menyampaikan status, hingga mencari jodoh. Namun seiring dengan menjamurnya aplikasi online ini di kalangan netter kita, ada baiknya anda lebih berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak terjebak menjadi korban ulah segelintir orang yang menggunakan aplikasi ini dalam meraup keuntungan darinya. Berikut ini adalah beberapa kasus di internet akhir-akhir ini yang perlu kita waspadai berhubungan dengan aplikasi “Facebook” ini.

  1. Facebook saat ini mulai digunakan untuk menipu (sebagaimana juga e-mail). Salah satu modusnya adalah sepertinya seorang sahabat minta bantuan uang. Karena bentuknya berbeda dengan penipuan di e-mail, maka beberapa orang bisa terkecoh.
  2. Facebook saat ini relatif mudah untuk dimasuki oleh Spyware. Bentuknya sering tidak tersangka-sangka karena tampak mukanya mirip aplikasi facebook.
  3. Seperti e-mail, Facebook sekarang juga mulai diserbu oleh Spam.
  4. Facebook ternyata sangat terbuka. Banyak pemakai lupa bahwa apa yang ditulis oleh salah seorang “teman” kita, bisa juga terbaca oleh semua “teman-teman” kita lainnya (ini tidak ada di aplikasi e-mail). Sehingga terjadi kasus-kasus salah pengertian seperti kasus di Koran terkemuka New York Post. Seseorang bisa tahu tentang diri kita dengan melihat membership kita dalam berbagai group.
  5. Terkadang kita dengan senang hati menambah (”add”) friend, tapi jangan lupa bahwa dengan menambah friend tersebut, berarti mereka bisa melihat data-data pribadi kita (ini tidak ada di aplikasi e-mail). Better Business Bureau di Amerika mengeluarkan warning untuk ini.
  6. Ternyata foto-foto kita menjadi milik Facebook untuk selamanya. Mohon hati-hati! Saya juga ingin memberikan berbagai saran untuk melakukan pengamanan dalam memakai Facebook.

Berikut beberapa saran-saran saya :

  1. Jangan terlalu detail memberikan informasi di bagian “INFO” seperti tanggal lahir dengan lengkap (mungkin hilangkan tahunnya), alamat yang sebenarnya tidak usah dicantumkan, lalu menikah dengan siapa dll. Karena informasi ini bisa-bisa dipakai oleh seseorang untuk, misalnya, mengkonfirmasi credit card Anda.
  2. Hati-hati menulis di “WALL” atau dinding anda. Jangan menulis di wall hal-hal yang sifatnya pribadi atau sensitif, karena tulisan Anda akan di-broadcast ke seluruh teman-teman anda dan akan menjadi permanen terpampang di wall teman Anda tsb. Gunakan fasilitas message (seperti e-mail) atau chat kalau ingin berkomunikasi secara pribadi. Ibaratnya, menulis di Wall berarti Anda sedang menulis di tembok pinggir jalan (semua orang akan bisa baca).
  3. Jangan sembarangan untuk join pada berbagai “CAUSES” karena akan membuka teman-teman baru yang mungkin tidak Anda kenal secara dekat, kecuali memang ini tujuan Anda.
  4. Sewaktu menambah teman, harap hati-hati dalam mengkonfirmasi (“CONFIRM”). Re-check siapa yang merekomendasi atau siapa saja teman-teman bersamanya (common friends).
  5. Jangan terlalu banyak memakai fasilitas-fasilitas aplikasi (”APPLICATION” ) Facebook, karena kita bisa saja terkecoh mana yang aplikasi Facebook resmi dan mana yang bukan (Spyware). Selain itu, kita tidak tahu apa yang akan dilakukan oleh software-software aplikasi tersebut setelah mengambil data-data pribadi kita.
  6. Upload foto-foto (”PHOTOS”) yang kira-kira tidak akan mempunyai dampak negatif di kemudian hari.
  7. Download any spyware program (cari yang gratis saja) dan lakukan sweeping secara rutin.
(Dikutip dari :http://id.akmi-baturaja.ac.id/)

Artikel terkait:



5 Komentar:

eNeS said...

Good info sob... Sayang dah jarang ke FB nih. Mbosen. Mang perlu juga di buang tuh info-info pribadi teh...
thanks

sman1cisolok said...

hehehe.....ini kutipan ato asli postingan anda???
"mengutip tanpa menuliskan link sumbernya itu meemahkan semangat dan kreatifitas penulisnya hehe"
gitu katanya kang...

asrizal wahdan wilsa said...

info bagus sob, memang benar si FB jadi jaringan sosial kejahatan...
jangan lupa mampir ya ke blog saya

A. Setiapermana said...

Izin coppas artikel :)

cahayaislam said...

Assalamu 'alaikum, artikelnya bermanfaat, salam kenal

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda, setiap komentar yang anda tulis akan menambah jumlah backlink anda.
Sebaiknya gunakan Name/URL pada saat menuliskan komentar.

Template Design by Eris Agustian - Digital Life | Professional Blogger Template