Tips agar blog anda disenangi pengunjung

Sebagai pemilik blog tentu kita ingin blog kita dikunjungi banyak banyak orang. Ini berkaitan dengan traffic dan pagerank kita tentunya. Jika anda mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi tentu akan menaikan pagerank dan akan lebih mudah mendapatkan job-job iklan jika anda melakukan online bisnis. Lalu kenapa ada blog yang disenangi pengunjung dan ada juga yang tidak disenangi. Apa saja yang yang harus kita lakukan agar pengunjung tidak merasa kapok mengunjungi blog atau website kita. Memang dengan melakukan trik-trik SEO secara maksimal mungkin akan mudah untuk mendapatkan traffic tinggi, tapi apakah hanya traffic saja yang kita kejar?

Lalu hal apa saja yang perlu kita perhatikan agar blog kita disenangi pengunjung, berikut hal-hal yang menurut saya penting untuk diperhatikan:

Penampilan
Penampilan sebuah blog tentu akan sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung. Terlepas dari keinginan kita mendesain secara maksimal, yang paling penting adalah bagaimana agar informasi yang kita sajikan enak untuk dibaca pengunjung. Background template yang berwarna cerah tentu akan lebih di sukai daripada yang yang berwarna gelap. Susun elemen-elemen halaman secara rapi dan jangan terlalu banyak pernak-pernik yang kurang perlu karena selain akan membuat loading page menjadi lebih lama, belum tentu juga pengunjung menyukainya.

Berpikirlah sebagai pengunjung
Jika anda seorang pengunjung blog, apa yang anda inginkan dari blog yang anda kunjungi. Tentu anda ingin loading page yang cepat dan informasi yang enak dibaca. Jadi berpikirlah anda sebagai seorang pengunjung saat anda mendesain blog anda.

Sajikan konten informasi yang bermanfaat
Konten atau isi dari sebuah blog adalah hal yang paling utama, karena pengunjung blog anda akan ketagihan untuk selalu mengunjungi blog anda jika informasi yang anda berikan bermanfaat. Gunakan bahasa yang baik pada posting anda, dan jangan membuat posting yang terlalu panjang.

Be original
Hindari kebiasaan copy paste dalam membuat artikel atau posting anda. Kalau pun terpaksa copy paste, lakukan editing semampu anda karena konten yang original tentu akan lebih disukai.

Perhatikan kecepatan loading page anda
Pernahkah anda meninggalkan sebuah halaman web atau blog sebelum halaman tersebut terbuka seluruhnya? Pasti semua pernah mengalami. Kenapa demikian, mungkin selain isi dari blog yang kita buka tidak sesuai dengan yang kita harapkan, juga karena lamanya waktu load dari halaman yang bersangkutan. Untuk itu perhatikan kecepatan loading blog anda. Buang script yang tidak terlalu penting, kurangi animasi dan gambar pada halaman blog anda. Ada beberapa tool gratis yang bisa anda gunakan untuk melakukan tes kecepatan halaman blog anda diantaranya www.selfseo.com.

Update secara rutin blog anda
Lakukan update minimal 2 minggu sekali, karena blog yang jarang di update lama-lama akan ditinggalkan oleh pengunjungnya.

Interaksi dengan pengunjung
Lakukan interaksi dengan pengunjung memanfaatkan shoutbox dan kotak komentar. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung pada kotak komentar blog anda.

Itulah bebarapa hal penting menurut pengamatan saya. Tentu masih banyak hal-hal lainnya yang tidak bisa saya sebutkan semua karena akan terlalu panjang. Jika ada yang mau menambahkan ataupun mengkoreksi, silahkan isi kotak komentar dibawah. Happy blogging..

Artikel terkait:



20 Komentar:

Ivan Kavalera said...

Kunjungan dini hari. Artikel bermanfaat nih, sobat blogger. Thanks ya.

~Inspirasi Hudupku~ said...

nice info... thx ya...

~Inspirasi Hudupku~ said...

nic3 info plend... thx ya..

~Inspirasi Hudupku~ said...

nice info... thx ya...

~Inspirasi Hudupku~ said...

nice info... thx ya...

~Inspirasi Hudupku~ said...

nice info... thx ya...

Medical Books said...

hello have a nice day,
interesting post

from
Medical Books

dj tutorial said...

wah..keren sob tipsnya..betul banget tuh.

Unknown said...

wah, bisa jadi info baru nih, tittle buat blog, hehe, keep posting, http://backtwogreen.blogspot.com

Aryo Halim said...

setuju bos... tp jarang yg komen di postinganku, apakah karena aku produktif banget kali ya..jadi satu hari postingan sudah banyak yg ngumpet..hehehhe soalnya maksimal cm 6 postingan di halaman utama..

Pondok Cerita (W4nzz) said...

Boleh di coba nih.. tp blog ku masi kurang komentar.. hehe.. Semangt lagi deh..

Unknown said...

mantap sob info'na.....
sippppp.....

Satu Luka said...

bagus sob tipsnya, btw cara untuk meningkatkan page rank dan SEO secara teknis ada ga yah?

Mbah Surip Fans Club said...

bener tuh bro..

yorgita said...

makasih infonya ;)
mau tukeran link?

Boyan said...

Sepertinya faktor-faktor diatas belum ada pada blog saya Mas...Makasih infonya ok pisan.

HeQris said...

Cuma nambahin dikit sob, sukur kalau ada yang mau.
Free Template Blogspot
Tutorial Blog

Welcome said...

Ya...aku datang kesini memang baru mencari berabagi masukan serta ilmu2 baru tentang blogging,aku akur dan setuju ...aku akan coba gunakan tip2 yang begitu membantu.
salam
tuntun a

Silverline Studio Blog said...

keren om...
akan saya coba untuk terapkan semuanya sedikit2...

om,, boleh tanya sekalian ga??

saya pake template arthemia,, waktu pengen pindah posisi widget n save ko muncul tulisan galat ya???

ada solusi ga om...

Unknown said...

Tukeran Link Ya Om

nih blog saya
http://bloggercahpero.blogspot.com

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda, setiap komentar yang anda tulis akan menambah jumlah backlink anda.
Sebaiknya gunakan Name/URL pada saat menuliskan komentar.

Template Design by Eris Agustian - Digital Life | Professional Blogger Template