Relakah tulisan anda di copy paste?

Hari ini saya betul-betul kecewa karena secara tidak sengaja saat saya browsing saya menemukan satu tulisan di sebuah blog yang sudah tidak asing lagi bagi saya karena memang tulisan itu saya yang membuat. Yang lebih kecewa lagi ketika saya browse lebih dalam ternyata hampir semua tulisan saya di blog ini ada disana tanpa satu pun yang mencantumkan link url blog saya sebagai referensinya. Lebih heran lagi di blog tersebut memuat tulisan saya yang berjudul Tips agar blog disenangi pengunjung yang salah satu pointnya menjelaskan agar tidak boleh asal copy paste. Nah lho??

Kerugian yang saya dapatkan tentu saja ada, setelah saya cek keyword saya di google ternyata ada beberapa yang kalah posisi, misalkan jika anda mengetikkan membuat background widget warna-warni pada google search maka posisi blog saya justru dibawah blog yang mengcopas tersebut.

Beberapa tulisan saya yang di copas oleh blog tersebut yaitu:

http://sikasyik.wordpress.com/2009/07/13/tips-agar-blog-anda-disenangi-pengunjung/
http://sikasyik.wordpress.com/2009/08/12/jadikan-ponsel-sebagai-modem-pc/
http://sikasyik.wordpress.com/2009/08/10/cara-menampilkan-falling-hearts-di-blog/
http://sikasyik.wordpress.com/2009/08/02/scrollover-cara-baru-membuat-efek-link- hover/
http://sikasyik.wordpress.com/2009/08/06/trik-membackup-seluruh-isi-blogwebsite/
http://sikasyik.wordpress.com/2009/08/01/pertolongan-pertama-jika-ponsel-terkena-air/
http://sikasyik.wordpress.com/2009/07/30/membuat-background-widget-warna-warni/
dan juga beberapa lainnya.

Kalo hanya satu atau dua artikel yang di copy paste mungkin tidak akan begitu kecewa, tapi kalau semua tips blogging yang saya tulis di copas anda pasti bisa membayangkan bagaimana kecewanya saya. Itulah yang membuat seorang blogger merasa malas untuk menulis lagi, hal-hal seperti itu yang akan membunuh kreatifitas seorang blogger. Atau mungkin tulisan ini pun akan di copas juga?? Keterlaluan!!!

Saya memang menulis untuk tujuan berbagi atau sharing apa yang saya ketahui, tapi tentu saja bukan untuk di copy-paste secara gila-gilaan seperti itu. Jadi untuk rekan-rekan blogger , saya tidak melarang anda mengcopy tulisan saya dengan syarat minimal mencantumkan link ke blog saya. Saya berharap mudah-mudahan blogger tersebut segera memahami kekeliruannya.

Saya ingin meminta pendapat rekan-rekan tentang hal ini, bagaimana menurut anda?. Pantaskah seorang blogger sejati melakukan asal copas seperti itu? Dan salahkah kalau saya begitu kecewa? Lalu apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Saya tunggu komentar anda..

Artikel terkait:



56 Komentar:

JT said...

wah kagak rela soobss!!!! seriusss.

Coba pangecekken keyword: GERBANG SURGA, KOLEKSI CINTA, ANIMASI TERINDAH, ANIMIASI KEBIDANAN, RANGKAIAN TIMER SEDERHANA, CERPEN IPTEK, dll... aya nu NGABAJAK KAGAKKSS!

kalo ada lapor sj ke DENSUS100

eNeS said...

Wah, orang yang copas rupanya lom baca 17 Tips Blogger Profesional.
Emang klo cuma copas doang tanpa adanya penambahan n pengurangan pasti ngeselin. Postingan ane jg da yg copas tuh. Yg bru ketahuan yg soal Membuat Tulisan Berjalan. Kesel sih kesel, tp mo apa lagi, ini dunia luna maya yg ga da aturan.
Buat yg suka copas, baca dulu postingan 17 Tips Blogger Profesional ini nih!!!

ardianz said...

heeem., mungkin yang copas masih newbie. dan butuh pengarahan., coba di bicarakan baik2., klo memang sengaja copas., yah tinggal bilang saja untuk jangan melakukannya lagi., klo memang masih newbie., yaa., mbok diajari.

Anonymous said...

waduh sob...parah bgt klo smua posting d copy paste...tanpa mencantumkan link blog sob..
yg hrs sob lakukan,mgkin dg menghubungi dia(beri pengarahan) n untuk yg akan dtg bisa beri peringatan bagi yg ingin mengcopy paste posting d blog sob...(dg persyaratan trtentu atw apa aja yg lbh bagusnya),kira2 bisa d baca mereka...

terus berjuang n sukses sll y sob....

Mr. X said...

sabar sob...

al-basri said...

salam sob,pastinya kita tidak mahu dicopy begitu, jikapun dia mahu copy seharusnya meminta ijin terlebih dahulu. itu lebih sopan dan legal. saran saya, lebih baik kalau teman-teman blogger pasang link ke artikel/blog tersebut supaya pengunjung dapat akses informasi itu melalui blog kita. tapi ini cuma pendapat peribadi saya, tidak apa pendapat sobat..

semoga sukses sob...

risefa said...

ngga kreatif banget tuh orang kayanya perlu di laporin tuh ke mbah gugel. atau biar lah mbah gugel yang menghakiminya terkena blok dari duplicate content.

viva la said...

viva la said:

klo masalah copas sih ada menyenangkan dan tidaknya, klo memang berguna bagi orang banyak ya tentu kita senang, tapi kita harus tau aturan ketika kita mau melakukan copas. kalo dalam kasus sobat di atas memang sungguh tidak menyenangkan dan malah merugikan sekali bagi penulis awalnya.

klo boleh aku bilang orang yang men-copas tersebut tidak punya etika, ini adalah sebuah pelajaran bagi saya dan kawan-kawan bloger lainnya.

mungkin itu pendapat aku sob, maaf klo ada kesalahan sob dalam komentar ku....

cicak said...

waduh, walau bukan tulisanku yg di copas, tp kok aku jd ikutan emosi.. g rela.... aku jg nulis g smuanya hasil pemikiranku, sering ambil dr sumber laen, tp ttp mencantumkan sumber. sebaiknya ditegur sob..., di omongin baik2, tolong cantumkan sumber, kl dia g terima baiknya kita mutilasi za tu blog....

grrrrr... emosi nich.. emosi.. emosii....

Animax said...

wahh gw juga kesel ama orang yang kayak gituh, gak tau diri. gw jadi ikut emosi juga nihh. soalnya gw suka nuliz novel di postingan gw. klo novel gw di copy paste tanpa menyebutkan nama gw sebagai pengarangnya, kan gw jadi kecewa. gw bisa ngerasain penderitaan lohh nihh kawan. hehehehe

Herlands Kagurazaka said...

emosi, gw emosi nihh.... dasar tukang copy paste gak tau diri... keterlaluan. memalukan nama blogger indonesia ajah tuhh orang. dasar gak kreatif.

Eris Agustian said...

@all: Thanks sob atas dukungannya.. kalian semua memang blogger sejati..

mas doyok said...

mas punya sayabanyak banget mas di copas tanpa sumber tapi saya biarin hehehehehe

anakkubintang said...

mungkin dia TERINSPIRASI dari anda, hwehwehwehwe

piss


bintang

mas doyok said...

tapiii menurut aku untuk kehormatan jangan asal copas lah

semuanya akan kembali lagi kok
tulisan yang dari pengalaman sendiri jauh leih berbobot
karena kitamerasakan 'efek sampingnya' sendiri..

percuma hanya meniru tanpabisa tahu baik buruknya
pembacapun bingungdan menjamin mereka takkembali

soal keyword tenang saja mas, jangka panjang semoga dan pasti Anda yang di atas karena blogger tak akan mau melihat blog pengcopas asalan lagi

dan bagi pengcopas jika emang niat copas bener bener kasil sumber beserta link dan bukanhanya nama, apa artinya jika itu tidak mengarah ke sumber...

ateh75 said...

assalamualaikum mas Aries...
Gimana nih kabarnya ?

lina@happy family said...

Copas artikel blogger lain tanpa menyertakan sumbernya adalah KESALAHAN BESAR, sama aja dengan pencurian... Jangan kita datangin lagi blog yang suka copas tanpa izin, biar sepi...

osi said...

Wah...wah...wah...

Gimana ya...aku jg mengalami hal yang sama...
Pusisi aku serta widget gambar2nya jg di copas habis-habisan...dari puisi anyar sampe yg lama...
Bahkan sampai widget musik pun dia pake kayak punya ku..
Untunglah templatenya beda...
Alasan dia sie buat puisi sang pacar...

Sepertinya kita mengalami hal yang sama
Si dia terinspirasi dari kita...betul tu kata @bintang
Dia tu bener2 gak punya ide selain kita...
Jadi boleh dianggap dia tu penngemar setia kita...Layak nya artis yang selalu ditiru gayanya....

Ambil segi positifnya saja frend...
Kalo kita memikirkan dari segi negatif nya gak akan ada habisnya...yang ada hati malah tambah keeessseeellll n beetee...

Teruslah menulis Fren...

osi said...

Wah...wah...wah...

Gimana ya...aku jg mengalami hal yang sama...
Pusisi aku serta widget gambar2nya jg di copas habis-habisan...dari puisi anyar sampe yg lama...
Bahkan sampai widget musik pun dia pake kayak punya ku..
Untunglah templatenya beda...
Alasan dia sie buat puisi sang pacar...

Sepertinya kita mengalami hal yang sama
Si dia terinspirasi dari kita...betul tu kata @bintang
Dia tu bener2 gak punya ide selain kita...
Jadi boleh dianggap dia tu penngemar setia kita...Layak nya artis yang selalu ditiru gayanya....

Ambil segi positifnya saja frend...
Kalo kita memikirkan dari segi negatif nya gak akan ada habisnya...yang ada hati malah tambah keeessseeellll n beetee...

Teruslah menulis Fren...

mabro said...

kalo menurut saya sih gak apa-apa selama itu berguna bagi diri saya dan orang lain, itung-itung berbagi ilmu. dan setiap ilmu yang kita berikan kepada orang lain berguna banginya dan orang lain maka Insya Allah mendapat pahala.

Jadi anggap aja ini sebagai amalmu bro...tapi kalo dah keterlaluan langsung labrak aja bro
he...he...he...

sukses selalu bro

belajar blog said...

kalo menurut saya sih ntu berarti mereka ga hargai kerja keras kita. Soalnya menulis itu kan susah juga mas. Kita kan berpikir soal kata dan kalimat agar dimengerti oleh orang lain
Copas sih boleh aja asal ada sumber link, siapa penulisnya. Orang yang copas jadi sok tau, besar kepala. Maklum mas, saya sendiri banyak artikel yang dicopas ama blog laen.

Artikel salah satu blog saya udah sering nembus di lintas berita. Nah, banyak yang ngopy artikel saya beberapa bulan kemudian. Trus dimasukin pula di lintasberita dan terpilih jadi berita pembaca.

Ya mao ga mao ya itulah kenyataannya.

sani said...

yah itulah Indonesia, mayoritas pembajak.....hehehehe, tapi itu dia yang menjadikan kita tidak kreatif...

Cyntia said...

yang sabar ya kak.. mudah2an yang kopas nga naro link kakak di gnajar setimpal :D

Arfar said...

Sob, ikhlaskan aja, memang salah satu resiko jadi blogger ya dibajak karyanya. Yang penting di deklarasikan aja ke publik atas masalah ini, publik kan akan bisa melihat dari tanggal posting, siapa yang pemilik postingan, siapa yang copas. Tetap semangat sob, keep posting :)

safru said...

wah kebangetan itu sob...nggak salah kalau kita kecewa karena hasil karya kita dicopas, ya..kalau minta ijin sih mendingan kalau kagak itu namanya pencurian... perlu ada hak paten kali ye....
tapi harus tetap semangat donk...

ocim said...

emang nda rela tapi mo apalagi ,ni dunia maya jd sulit di cegah soal copasan

ekosulistio said...

aku juga pasti g rela banget waktu punyaku di copas, punyaku juga pernah di copas, rasanya sakit hati bgt.., apalagi ga dicantumin linknya....

NURA said...

salam sobat
wah tulisan saya kebetulan ,,ngga ada yang mau ngopi paste tuh,,he,,he ya,karena cuma cerita pengalaman dan keadaan saja sih,,,
tapi kalau tulisan yang profesional,,wah ngga rela kalau dikopi paste,,sama aja dibajak hakciptanya.

ateh75 said...

mampir sobat..
kok bisa ya begitu ga punya etika juga ya...sy juga pernah copas dari salah satu situs ,tapi saya hati2 sekali dan minta izin segala via email..dan beliau sangat mengizinkan .karna disitusnya itu sendiri udah ada izin ,tapi biar lebih enak sy kirim email juga..
yg sabar ya sobat...

Unknown said...

nah..dah..muncul dah kotak komennya..sy punya cerita tpi bertolak belakang dgn org yg copas tulisan sobat..blog itu bernama love is beauty..sewaktu dia maen ke blog ku..dia melihat ada kupu2 dan walet terbang, dia bertanya..ada tutorial atau scripnya ga..saya tunjukin blog nya kang fatur, krn dia yang punya...singkat cerita..suatu saat sy maen ke blog love is beuty..sy melihat ada artikel ttg kupu2 dan walet di blognya..ketika saya baca..disitu tertulis..KETIKA SAYA MAEN KE BLOGNYA WILLYO (BESERTA LINK BLOG SY),SY MELIHAT ADA KUPU2 DAN WALET TERBANG, KRN KEBAIKAN BELIAU SY DI TUNJUKKAN ....BLOG KANG FATUR (BESERTA LINK) DSL..INI SCRIPT KUPU2 TRSBUT..DSL...duh betapa bangganyadan salutnya sy, pd org itu..INILAH CONTOH ORG YNG PUNYA ETIKA...sdg ORG YG SOB CERITAKAN ITU ADLH ORG YG BERJIWA PENCURI..!!!

Ronaldo Rozalino, Teluk Kuantan, Kuantan Singingi said...

alo COPAS kasih link dong ya sobat blogger...itu etika COPAS yang harus dtegakkan!!! OK

Juansah said...

wah uyi ga rela ridho kalo hanya di copas saja, bahkan dunia akhirat uyi ga rela ga rido.....

Hardware and gadget area said...

wah sob, kalau saya selama ada itikad baik dari yang copas, misalnya memberikan url blog kita sebagai sumber atau minimal minta izin (entah via komentar atau pesan singkat), saya rela2 saja..
Ini copas yg dimaksud bener2 copas nih??
kalau saya sering ngambil informasi dari tulisan lain, tapi tantu tidak asal copas gitu, tulis dengan gaya sendiri....
Mungkin dengan tulisan yg ditulis dengan gaya bahasa yg lain membuat itu lebih bisa dimengerti oleh sebagian orang...dan tentu itu bermanfaat untuk memberi kesan baik bahwa blogger sumber informasi yang lengkap....
________________________________________________
Kiye Bloge Kifni | free software & computer tips | Hardware & Gadget Area

vahn said...

wew,coba d peringatkan saja dulu sob...
klo yg d copas sbnyak ntu saya jg ga rela...
XD

Aisyah said...

klo tanpa ijin y gak rela..

Hendra Lesmana said...

wuih gila, itu sih copas maling namanya tanpa backlink ataupun referer. hehe susah juga sih ya jaman sekarang, orang pengen enaknya aja maen copas, tp kalo copas ada id kita sih gpp kalo gak wah pasti lah jengkel banget tuh.. segera ambil tindakan sob hehe

salam blogger :thumbsup:

harto said...

"Barang siapa mau mengamalkan apa yang telah di dapatkan, niscaya Allah SWT akan membuka ilmu yang terpendam"

Hitung2 amal... bila postingan di Copas. ilmu tak akan ada habisnya, bagaikan laut yang tak bertepi dan jalan yang tak ada ujungnya.

ani rostiani said...

Sebaiknya memang jangan asal copas. Kalaupun terpaksa (karena butuh): tulis lengkap dengan penulis aslinya (link). Diajari baik-baik, barangkali dia memang baru seperti saya ...

nen's; said...

gawat tuh blog...
diblokir aja deh!!!

Banana Webs said...

di protek aja blognya mas...

ivan kavalera said...

Wah gawat deh kalo gitu mas. Semoga gak akan terjadi lagi kasus serupa di dunia blogging.

TRUST RIDERS said...

setuju om.. biarpun copas, tapi wajib menyertakan pengarang dan link ke sumber nya..

biarpun copy-paste juga harus ber etika.. iya ga coy...???

Parsigodang pos said...

yah, seandainya emang harus copas, sumbernya seharusnya di ikutkan. jangan mencemarkan nama baik perbloggeran indonesia.

hacking alexa traffic said...

bagus banget bozzz

Mx Axrom said...

kemplang sob orangnya....

daenk said...

Nasib Yang sama Menimpa Semua ARtikel saya Tentang MLM, Semua Isi DiJiplak begitu saja tanpa Kompromi, CElakanya sekitar 23 Blog yang mengkopas percis sama, Oknumnya bukan Newbie,Tapi Tetua Bloger.Mereka sudah saya dekati dengan halus, tapi tidak mau juga memasang Sumber. Untunglah saya sedia Payung sebelum Hujan, walaupun mereka COPAS " Asyiknya ULR saya sudah tertanam secara rahasia diblog mereka. Dapat backlink gratis deh.
Ada satu blog yang Percis sama baik itu isi dan template dengan blog saya, tapi kurang etis membeberkannya disini, Berkat jasa seorang guru, Blognya sudah Hancur berantakan
bagi teman2 yg mau lihat juga tentang Copy paste, silahkan baca disini
http://daenkblog.blogspot.com/2009/07/copy-paste.html

Laptop Murah said...

Itulah resikonya bro..

. Laptop Murah Berkualitas
. Lowongan Kerja di Bali

RifkyMedia™ said...

Saya juga pernah mengalaminya..tulisan artikel saya di muat di blog/wp/forum namun tak memasang link saya..kadang kecewa juga sih, tapi di lain pihak saya seneng ilmu pengetahuan yg saya share di ketahui orang lain..emang susah ya..hmm..binun heheheh

Sidik said...

ckckckckck......

gila ne moral anak sekarang!

http://www.absensisidikjari.com

Unknown said...

sedih...

Trilogi said...

laporin langsung aja ke Densus88 Anti Copas aja gan...hehehe

Deddy said...

itu namanya blogger gadungan...tidak punya kratifitas..plagiator sejati..pantasnya di banned dari dunia blog

dapscom blog said...

kalo untuk berbagi sih gak apa2 selama menyertakan sumbernya. mungkin saya juga kesel banget kalo digituin

Unknown said...

Bantai aja sob. wkwkwk

Belajar CorelDRAW said...

Gak perlu susah relakan aja semakin banyak di copas akan semakin terkenal blog sampeyan, karena ilmu sampeyan akan menyebar luas... atau sampeyan menyesal dan berhenti ngeblog...

TK Unggulan di SOLO said...

Sabar aja

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda, setiap komentar yang anda tulis akan menambah jumlah backlink anda.
Sebaiknya gunakan Name/URL pada saat menuliskan komentar.

Template Design by Eris Agustian - Digital Life | Professional Blogger Template